Pages

banner

Rabu, 22 Februari 2012

Bayi Suka Memasukkan Benda Kemulut


Bayi yang suka memasukkan apapun kemulutnya, apa yang harus orangtua lakukan???

Secara psikologis fase ini disebut masa ekplorasi oral. Semua bayi normal akan melakukannya ditahun awal kehidupan. Ketika memasukkan sesuatu kemulutnya, ada beberapa pelajaran yang didapatnya, diantaranya pengealan rasa manis, pahit, asin, kasar; bentuk bulat, kotak dan seterusnya.

Si kecil juga belajar keterampilan motorik halus, yaitu memegang dengan tangan dan jari-jari serta mengarahkan benda yang dipegang kedalam mulut. Ia juga belajar menggerakkan otot  disekitar mulutnya, suuatu hal yang sangat berkaitan dengan kemampuan bicaranya kelak. Selain kecerdasan, sikecil juga belajar mengontrol emosinya dengan mengemut sesuatu, sehingga ia bisa menenangkan diri sendiri dan mengendalikan kemarahannya.

Mengingat manfatnya orangtua tidak harus menghentikannya. Yang penting orang tua tetap waspada jangan sampai ada benda berbahaya masuk kedalam mulutnya, seperti sabun, obat-obatan, peniti dan seterusnya. Jauhkan dari jangkauannya, bersihkan secara teratur area bermain bayi.

Fase oral ini akan berhenti dengan sendirinya pada tahap perkembangan berikutnya. Namun sebagai latihan agar tak berkelanjutan menjadi kebiasaan, coba alihkan perhatiannya pada kegiatan lain. Selain itu jangan bereaksi berlebihan semisal berteriak, menarik tangannya dari mulutnya, atau menertawakannya. Reaksi orangtua justru akan menjadi pemicu bayi makin suka memsukkan berbagai macam benda kedalam mulutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

mama kerja dirumah
90 menit untuk sukses