Pages

banner

Rabu, 22 Februari 2012

Bayi suka begadang



Udah capek kerja seharian dan ingin segera tidur, tapi sikecil tetap terjaga hingga lewat tengah malam. Apa yang harus orangtua lakukan??

Beberapa alasan mengapa bayi terus ingin bermain meski lewat tengah malam, diantaranya:
·         Ia rindu dengan orang tua setelah seharian ditinggal bekerja.
·         Ia masih cukup “segar” karena disiang hari terlalu banyak tidur.
·         Ia ingin membuktikan kalau orang tuanya bias “dimanipulasi” untuk menemaninya bermain dimalam hari.


Solusi:
Yang harus dilakukan orang tua adalah bekerja sama dengan pengasuh bayi supaya lebih banyak aktivitas yang dilakukan disiang hari, sehingga tidur siangnya lebih sedikit. Adalah tanggung jawab orang tua memberikan ide yang berbeda setiap hari kepada pengasuh untuk menemani sikecil bermain.

Setelah pulang kantor, sebaiknya tetap sediakan waktu bermain dengan sikecil, setelah itu lkukan ritual sebelum tidur, yakni membersihkan gigi dengan kain kasa/sikat gigi jari, menyusui, mendongeng, menyanyikan senandung sebelum tidur sambil mematikan lampu kamar tidur.

Kalau semua aktifitas itu tidak membuat bayi mau tidur juga, biarkan saja ia bberaktifitas sendirian, tk perlu ditemani. Tapi pastikan kamar dan tempat tidur cukup aman, sehingga ia tidak akan celaka semisl terjatuh. Usah khawatir karena dengan cara ini bayi akan belajar kalau orang tuanya tidak bisa diajak bermain sampai larut malam lagi, lama kelamaan ia akan mengantuk dan tidur. Kalau belum berhasil diminggu pertama, terus lakukan sampai berhasil. Asal orang tua konsisten, dalam beberapa minggu atau bulan waktu tidur bayi akan bergeser lebih awal.

0 komentar:

Posting Komentar

mama kerja dirumah
90 menit untuk sukses