Pages

banner

Senin, 07 Februari 2011

Sulit Tidur Ketika Hamil Besar


Tak sedikit ibu hamil mengeluh sulit tidur. Kalaupun bisa, tidurnya tak terlalu nyenyak atau sering terbangun. Ini terjadi terutama ketika perut yang semakin membesar seiring pertumbuhan janin dalam rahim.
Faktor utama yang mempengaruhi sulit tidur adalah mencari posisi tidur nyaman. Mau telentang atau miring rasanya sama saja: tidak nyaman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu tercapainya tidur nyenyak:
* Batasi minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soda baik pagi, sore, ataupun amlam hari menjelang tidur.
* Jangan makan terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur malam. Beberapa ibu menerapkan pola makan yang relatif banyak dipagi dan siang hari, lalu porsi makan malam lebih sedikit agar perut terasa lebih nyaman dimalam hari.
* Hindari aktivitas fisik yang berat sebelum tidur. Sebaiknya, lakukan sesuatu yang membuat relaks, misalnya berendam air hangat selama 15 menit atau meminum susu hangat.
* Bila tetap tak bisa tidur dan gelisah, coba lakukan hal-hal sederhana seperti membaca buku atau kitab, mendengarkan musik dan hal-hal lain yang anda sukai.
* Bila memungkinkan tidurlah 30-60 disiang hari untuk menebus waktu tidur malam yang belum terbayar.
* Untuk posisi yang nyama cobalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, letakkan bantal dia bawah bahu dan kepala untuk menghindari sesak napas, dan posisi badan miring kekiri. Posisi ini membantu menjaga rahim dari tekanan organ-organ tubuh lain. Tidur miring kekiri juga meningkatkan sirkulasi darah ke jantung dan memungkinkan untuk mudahnya aliran darah menuju rahim, ginjal, dan janin.
* Gunakan bantal nyaman untuk mengganjal kepala dan leher, perut, punggung, serta kaki. Ada juga yang lebih suka dengan gulungan selimut yang tebal.

-nakita no.618 / www.kidshealth.com

0 komentar:

Posting Komentar

mama kerja dirumah
90 menit untuk sukses